Sejarah

Kota dan wilayah di Indonesia berkembang dengan pesat, khususnya sejak dekade 1970an. Perkembangan yang pesat ini ditandai antara lain dengan berkembangnya ukuran fisik kota, pertambahan penduduk, pertumbuhan ekonomi, serta perluasan jaringan infrastruktur.

Namun demikian, pembangunan yang terjadi tidak selamanya menimbulkan dampak positif. Realitas menunjukkan bahwa masih terdapat masalah di wilayah dan kota seperti kemiskinan, permukiman kumuh, kemacetan lalulintas, rendahnya mutu fasilitas umum, dan sebagainya.

Menghadapi tantangan permasalahan ini, upaya-upaya interventif perlu dilakukan agar perkembangan yang terjadi tidak semakin memburuk. Perencanaan dan pembangunan wilayah dan kota adalah salah satu bentuk solusinya. Perencanaan dan pembangunan wilayah dan kota pada dasarnya adalah upaya-upaya yang berhubungan dengan pengaturan alokasi sumberdaya di dalam ruang geografis wilayah dan kota secara efektif, efisien, seimbang, dan berkelanjutan.

Untuk membuat perencanaan dan pembangunan lebih berdaya guna dan berhasil guna, maka diperlukan para perencana dan manajer pembangunan yang mumpuni.

Magister Pembangunan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro (MPWK Undip) didirikan tahun 1998 dengan tujuan menciptakan perencana dan manajer pembangunan yang handal untuk mengatasi permasalahan wilayah dan kota tersebut.

MPWK Undip menjalankan kegiatannya berdasarkan SK Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasiona.

BAN PT 2006 dengan Nilai Akreditasi A ,   No SK : 00669/Ak-IV/S2-017/UDERPK/II/2006

BAN PT 2011 dengan Nilai Akreditasi A,    No SK : 015/BAN-PT/Ak-IX/S2/2011

BAN-PT 2016 dengan Nilai Akreditasi A,    No SK : 3304/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016