Kegiatan

EXPO STUDIO DAN KULIAH KERJA LAPANGAN 2017

Program Studi Magister Pembangunan Wilayah dan Kota, DepartemenPerencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan Expo Studio dan Kuliah Kerja Lapangan pada tahun 2017 ini. Diadakannya kegiatan expo ini bertujuan untuk menunjukkan hasil kerja mahasiswa program S2 Magister Pembangunan Wilayah dan Kota serta hasil kerja mahasiswa program S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan kota dalam mata kuliah studio dan kuliah kerja lapangan. Acara expo diadakan di HalamanGedung A lantai 1 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota.

Acara ini dibuka oleh sambutan Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Dr. Ir. Hadi Wahyono, MA dilanjutkan pemotongan pita secara simbolik. Peserta kegiatan merupakan mahasiswa program S2 maupun S1. Expo pada tahun ini terdapat dua tema yang berbeda, yaitu “Percepatan Pembangunan Melalui Penataan Ruang dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah yang Berkelanjutan di KabupatenWonogiri’’ dan ‘’Urban Regeneration in Kemijen and Tambak lorok Semarang’’. Terdapat 5 stand dalam kegiatan expo yang diadakan oleh Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota. 4 stand digunakan oleh mahasiswa program S2 Magister Pembangunan Wilayah dan Kota, sedangkan 1 stand yang lain digunakan oleh mahasiswa program S1 Perencanaan Wilayah dan Kota.

Mahasiswa program S2 yang mengikuti expo ini terdiri dari empat konsentrasi berbeda, diantaranya adalah Konsentrasi Penataan Ruang, Konsentrasi Perencanaan Pengembangan Wilayah, Konsentrasi Manajemen PrasaranaPerkotaan, dan Konsentrasi Urban and Regional Planning. Mahasiswa program S2 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan dengan melakukan kunjungan ke Sumatera Utara, Sumatra Selatan dan Bali.Hasil dari kunjungan kuliah kerja lapangan tersebut diimplementasikan secara proporsional pada Studio KotaWonogiri dan Kota Semarang. Sedangkan mahasiswa program S1 melakukan kunjungan terlebih dahulu ke Bangkok, Thailand. Hasil dari kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa program S1 dibandingkan dengan kondisi yang terjadi di Indonesia. Dalam kunjungannya ke Bangkok Thailand, terdapat beberapa tema yang digunakan oleh mahasiswa program S1. Tema yang digunakan antara lain, pariwisata, perumahan, budaya, dan Transportasi. Adapun produk-produk yang dipamerkan dalam expo ini berupa buku laporan akhir, banner, video dan produk-produk lainnya.